Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam - Macam Fuel Pump (Pompa Bahan Bakar) Mobil

Ciri pompa bahan bakar elektrik tipe in-line ini dipasang pada bagian luar tangki bahan bakar. Sekarang pompa ini jarang digunakan pada kendaraan, karena ditempatkan di luar tangki sehingga kurang aman. Pompa bahan bakar elektrik tipe in-line ini ada 2 macam, yaitu :


a. Tipe diafragma / membran (Rotax)

Pompa bahan bakar elektrik tipe diafragma / membran

Cara kerja pompa bahan bakar diafragma (rotax) :

  • Cara kerja pompa bahan bakar tipe ini saat kunci kontak mulai ON, maka akan terjadi kemagnetan pada solenoid yang menyebabkan diafragma tertarik ke atas sehingga bahan bakaf naik dan masuk melalui katup masuk.
  • Pada saat yang sama platina membuka karena tuas platina dihubungkan dengan rod sehingga kemagnetan pada solenoid menghilang, akibatnya diafragma bergerak ke bawah mendorong bahan bakar keluar melalui katup keluar.
  • Setelah diafragma bergerak ke bawah maka platina akan terhubung kembali sehingga terjadi kemagnetan pada solenoid dan langkah yang sama akan terjadi secara berulang-ulang .


b. Tipe Rotor

Pompa bahan bakar elektrik tipe rotor

Cara kerja pompa bahan bakar rotor :

  • Pada pompa bahan bakar jenis rotor, rotor diputar oleh motor listrik.
  • Gerak rol yang selalu menempel pada dinding penjarak pompa (pump spacer) menyebabkan terjadi kevakuman pada ruang pompa tersebut sehingga bahan bakar dari tangki akan dihisap ke ruang pompa melalui saluran masuk (inlet).
  • Aliran ini kemudian didorong oleh rol menuju ke saluran keluar (outlet) melalui katup satu arah (check valve). 
  • Pada ruang diafragma, bahan bakar ini selanjutnya ditekan oleh membran dan keluar kesaluran keluar menuju karburator.

2. Tipe In-Tank

Pompa Bensin Elektrik (Fuel Pump) Tipe In-Tank

Pompa bahan bakar jenis ini diletakkan atau dipasang di dalam tangki bahan bakar dan terendam dalam bahan bakar. Pompa tipe ini memiliki keuntungan yaitu lebih kecil menimbulkan bunyi berisik dibandingkan dengan pompa in-line type, pompa ini juga disebut jenis basah. Pompa bensin elektrik ini dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi beban (supply) berlebih, yang akan mematikan kerja pompa karena umumnya tidak ada saluran untuk aliran balik ke tangki bahan bakar.

Untuk pompa bensin atau fuel pump elektrik yang murni menggunakan motor listrik biasanya terdapat pada mesin EFI. Fuel pump ini tertanam di dalam tangki bensin,pompa bensin injeksi digerakan oleh aliran listrik dan biasanya berasal dari relay fuel pump. Contoh lain pompa bahan bakar elektrik dengan tipe in-tank, yaitu :

Tipe Turbin

Pompa bahan bakar elektrik tipe turbin

Pompa bensin jenis turbin sedikit berbeda dengan jenis rotor. Pada pompa jenis turbin menggunakan impeler yang ujungnya diberi bilah dan fungsinya untuk menghisap bahan bakar dan mendorongnya ke saluran keluar. Pompa diletakkan atau dipasang di dalam tangki bahan bakar, menggunakan turbine pump yang mempunyai keistimewaan getaran yang terjadi di dalam pompa kecil.


Gangguan – Gangguan Pada Fuel Pump (Pompa Bahan Bakar)

1. Kebocoran :

  • Membran pecah / robek / rusak.
  • Tutup pompa pakingnya rusak atau bengkok

2. Vakum (pengisapan) kurang :

  • Ruang isap bocor (misal = tutup pompa bengkok)

3. Tekanan pemompaan kurang :

  • Katup pengembali bocor (bila ada katup pengembali)

4. Tekanan pemompaan terlalu tinggi :

  • Tebal paking flens pompa kurang / isolator tak terpasang

5. Hasil pemompaan kurang :

  • Keausaan / kerusakan pada penggerak pompa

Post a Comment for "Macam - Macam Fuel Pump (Pompa Bahan Bakar) Mobil"