Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak Dan Fungsinya – Kepala silinder (cylinder head) adalah komponen mesin yang tempatnya ada dibagian depan di motor bebek dan dibagian paling atas untuk motor sport. Kepala silinder ini memiliki sirip – sirip yang berguna untuk proses pendinginan mesin. 

Tetapi, sirip tersebut hanya ditemukan pada mesin yang menggunakan sistem pendingin udara. Artinya, sirip – sirip tersebut tidak ditemukan pada mesin motor degan sistem pendingin oli atau sistem pendingin air (radiator). Kepala silinder juga merupakan tempat keluar masuknya bahan bakar serta menjadi bagian dari proses pembakaran dan kompresi pada mesin.

Fungsi kepala lain dari kepala silinder (cylinder head) ini adalah untuk menutup lubang silinder yang ada terdapat di dalam blok mesin. Selain itu, dalam kepala silinder terdapat komponen – komponen penting mesin motor.

Jika terdapat kerusakan pada salah satu komponen yang ada di dalam kepala silinder maka dapat mempengaruhi kerja mesin motor. Lalu apa saja komponen – komponen yang terdapat didalam kepala silinder mesin motor 4-tak ?

Komponen Kepala Silinder (Cylinder Head) Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak

1. Sil Katup (Valve Seal)

Sil katup / sil klep berfungsi untuk menjaga agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar

2. Bos Klep (Valve Guide)

Bos Klep (Valve Guide)

Valve guide / bos klep berfungsi sebagai jalur bergeraknya batang klep. Jika bos klep sudah aus / longgar di bagian knalpot akan timbul asap putih tipis dan perbaikannya harus diganti dan pemasangannya di tukang bubut.


3. Poros Bubungan (Camshaft)

Noken AS (Camshaft)

4. Gigi Sentrik (Sprocket Cam)

Sprocket Cam

Sproket cam berfungsi untuk memutar camshaft atau noken as yang terdapat di kepala silinder.

5. Klep / Katup (Valve)

Katup (Valve) / Klep

Klep / katup ini ada dua macam, yaitu :

  • Katup Masuk (Intake Valve), katup yang berfungsi untuk menutup dan membuka saluran masuk atau biasa disebut Intake Manifold.
  • Katup Buang (Exhaust Valve), katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran buang atau yang biasa disebut Exhaust Manifold.
6. Pin Pengunci (Cotter)

Cotter Dan Penahan

Cotter / pin pengunci klep / kuku macan berfungsi untuk mengunci klep / katup dan pegas katup, selain itu pasangan komponen ini adalah penahan yang berfungsi menahan cotter itu sendiri.

7. Rocker Arm

Rocker Arm

Rocker arm juga biasa disebut templar berfungsi sebagai penghubung antara noken as dengan klep sebagai pengatur naik turunnya (buka-tutup) klep.

8. Pegas Katup (Spring Valve)

Pegas Katup (Spring Valve)

Pegas katup / per klep berfungsi untuk menutup (mengembalikan katup / klep ke posisi semula), pegas katup ini menahan katup pada saat posisi membuka.

9. Saluran Masuk (Intake Manifold)

Intake Manifold

Intake manifold atau saluran masuk merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan campuran udara dan bahan bakar.

10. Saluran Buang (Exhaust Manifold)

Exhaust Manifold

Terakhir ada exhaust manifold / saluran buang / gulu banyak, komponen ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan gas sisa hasil pembakaran menuju ke knalpot.

Post a Comment for "Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak Dan Fungsinya"