Kenali Gejala Transmisi Manual Mobil Bermasalah
Beberapa langkah mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan transmisi manual mobil, seperti :
1. Memeriksa kebebasan gerak tuas pemindah
Kebebasan yang berlebihan disebabkan oleh keausan baut-baut penyambung, kerusakan bushing sambungan, atau penyetelan-nya. Secara visual / pengamatan langsung permasalahan ter-sebut dapat dilakukan.
2. Memeriksa pelumasan transmisi
Pelumasan pada transmisi sangat penting, mengingat transmisi terdiri dari banyak komponen yang saling bersentuhan satu dengan yang lainnya. Pelumasan diperlukan untuk menghindari terjadinya keausan sebagai akibat kontak langsung antar logam komponen transmisi.
Transmisi pada umunya menggunakan minyak pelumas dengan viscositas SAE 80 atau SAE 90, namun demikian dalam menggunakan minyak pelumas untuk transmisi perlu melihat manual masing-masing produk kendaraan. Karena dimungkinkan terdapat perbedaannya. Setiap 1500 km perlu dikontrol mengenai jumlahnya.
3. Pemeriksaan terhadap gejala-gejala kerusakan
Pemeriksaan ini terkait dengan kinerja transmisi, yaitu apakah transmisi dapat melakukan fungsinya dengan baik. Untuk melakukan pemeriksaan ini, berarti kendaraan harus dijalankan atau
sering disebut dengan tes jalan.
Gejala – gejala berikut ini menandakan bahwa terjadi kesalahan pada unit transmisi manual, yaitu :
- Gigi Loncat dari hubungan
- Suara berisik yang tidak normal.
Selain dari tiga gejala pada transmisi manual yang sudah disebutkan diatas, masih ada lagi gejala lain yang sering terjadi pada transmisi manual mobil.
Gejala Transmisi Manual Mobil Bermasalah
Tongkat persneling susah dipindah | Bola pengunci tongkat pemindah gigi macet | |
Tangkai sambungan pemindah gigi macet | ||
Tuas pemindah gigi bengkok | ||
Tongkat Pemindah gigi longgar | Bushing bola pengunci tuas pemindah gigi aus | |
Bola pengunci tuas pemindah aus | ||
Tuas control pemindah gigi bengkok | ||
Tangkai pemindah atau garbu pemindah longgar | ||
Kerucut gigi sinkromes aus | ||
Kontak ring sinkromes dan kerucut gigi jelek | ||
Kelonggaran ggi memanjang berlebih | ||
Pra-beban bearing gigi poros primer terlalu besar | ||
Dudukan mesin longgar atau pemasangannya kurang pas | ||
Gigi diferensial rusak atau backlasnya kebanyakan | ||
Jarak main pedal kopling terlampau besar sehingga macet | ||
Pelat kopling kontor terkena minyak | ||
Poros garbu pemindah berubah bentu atas ausnya tidak merata | ||
Tuas transmisi berubah bentuk | ||
Pegas bola baj lokasi lemah | ||
Gigi terlampau bergerak ke arah tekan | ||
Ring atau hub sinkromes aus | ||
Bantalan poros masuk (input shaft) poros utama (main shaft) atau poros lawan (counter shaft) aus | ||
Pegas sinkromes lemah atau patah | ||
Alur dalam ring sinkromes aus | ||
Ring sinkromes macet pada kerucut | ||
Poros garbu pemindah berubah bentuk | ||
Ganti |
Post a Comment for "Kenali Gejala Transmisi Manual Mobil Bermasalah"