Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi Karburator Motor & Cara Kerjanya

c. Perbandingan campuran saat pengendapan

  • Saat mesin di start (dingin) 2-3 : 1 (choke dipergunakan)
  • Pada putaran stasioner (idling) 8 – 12 : 1
  • Berjalan normal dengan beban ringan 15 – 17 : 1
  • Saat percepatan (tarikan) : berfariasi tergantung dari cara percepatan, tapi pasti tambah banyak.


Cara Kerja Karburator Motor

1. Kerja Karburator Putaran Langsam (idle)

Dari putaran langsam kekecepatan rendah, katup gas terbuka sedikit maka celah antara jet needle (jarum) dan needle jet (saluran) kecil. Juga karena putaran rendah, vacum yang terjadi sangat lemah/terbatas sehingga tidak terjadi aliran pada celah tersebut. Pada saat ini aliran bahan bakar dilakukan oleh pilot sistem.

Ada dua macam pilot sistem, menggunakan satu atau dua lubang, penggunaan satu atau dua lainnya tergantung pada karakter mesin. Yang membedakan antara keduanya adalah satu atau dua saluran masuk (injection port). Pilot out let dengan satu saluran injection terletak dimanan saluran bypass berada sebagai lubang / saluran kedua (two-hole-type). Sebagian besar yang menggunakan tipe single hole adalah karburator yang berdiameter terkecil.

Tiper – Tipe Pilot Air Screw Pada Karburator :

a. Tipe Lubang Tunggal

  • Dari mesin hidup sampai kendaraan jalan perlahan, bahan bakar ditakar oleh pilot jet dan diatur oleh pilot air srew dan dicampur dengan udara, menghasilkan campuiran yang jenuh disemburkan melalui pilot dengan out let. 
  • Kemudian dicampur dengan sedikit udara dari saluran utama, maka akan menghasilkan campuran udara dan bahan bakar yang optimum sesuai kondisi kerja mesin, kemudian dialirkan ke silinder. 
  • Jenuh atau kurusnya campuran yang dialirkan ke mesin tergantung dan banyaknya putaran pada pilot air screw pada karburator.
Karburator Pilot Sistem Tipe Lubang Tunggal

b. Tipe Dua Lubang

  • Saluran pilot out let terletak lebih kearah mesin dari pada katup gas bypass terletak pilot out let Hampir ditengah antara dan needle jet seperti terlihat 
  • Pada gambar (1) saat mesin berputar stasioner katup gas terbuka sangat sedikit, udara yang diatur yang diatur 0leh pilot air srew bercampur dengan bahan bakar yang diatur oleh pilot jet.  Pada bagian bypass udara dan bahan bakar dicampur untuk menguruskan campuran. Pada saat yang sama campuran juga terjadi dan dialirkan melalui pilot outet let. 
  • Pada gambar (2) katup katup gas terbuka lebar, campuran yang dialirkan hanya melalui pilot out let menjadi kurang memadai, dan tambahan kebutuhan bahan bakar dapat dialirkan. 
Karburator Pilot Sistem Tipe Dua Lubang

2. Kerja Karburator Putaran Cepat

Sistem utama mengalirkan bahan bakar pada kecepatan menengah sampai tinggi. Saat katup gas tebuka lebih lebar, aliran udara melalui venturi makin cepat dan bahan bakar terhisap melalui jet needle.

Tipe VM karburator dilengkapi dengan pilot system dan main system yang berdiri sendiri-sendiri. Main system ada dua cara : pertama bleed type dan yang lain premary type. 

Kerja Karburator Putaran Cepat

Tipe – Tipe Pilot System :

a. Bleed Type

Sebuah saluran udara ditempatkan ditengah diantara needle jet dan udara dialirkan melalui air jet bleed hole, memenuhi kebutuhan saat kecepatan menengah sampai tinggi 

Bleed Type

b. Primary Type

Tidak terdapat lubang saluran udara pada needle jet. Udara dari primary air diatur oleh celah yang terbentuk antara jet needle dan needle jet premary choke dirancang untuk menghindarkan keluarnya bahan bakar keluar saat terjadi semburan pada mesin. 

Primary Type

3. Kerja Karburator Sesuai Posisi Katup Gas


a. Lebar terbukanya katup gas (⅛ – ¼)

Bahan bakar ditakar oleh main jet dan disalurkan ke dalam melalui celah antara needle jet dan jet needle yang dibentuk bulat. Jarum berbentuk meruncing menjadi lebih kurus dibagian ujungnya melekat pada katup gas, dengan demikian ia naik dan turun sesuai gerakan katup gas, begitu juga celah yang terjadi yang berfungsi sebagai saluran bahan bakar. 

Suatu potongan (cutaway) pada katup gas mengarah pada air cleaner, mengatur kondisi vakum yang berpengaruh pada needle jet dan mengontrol derasnya bahan bakar yang ditarik untuk dikabutkan saat katup gas terbuka pada lebar (⅛ – ¼) jumlah bahan bakar sangat tergantung pada besarnya potongan (derajat) katup gas, celah antara jet needle dan needle jet dan faktor kombinasi keseluruhannya. 

Katup Gas Terbuka ⅛ – ¼ 


b. Terbukanya katup gas (¼ – ¾)

Pada posisi katup gas seperti ini, efektifitas cutaway sangat sedikit aliran bahan bakar tergantung dari ukuran main jet dan celah yang terjadi antara jet needle dan needle jet. 

c. Terbukanya Katup gas ¾ – terbuka penuh 

Bila katup gasterbuka sejauh ini, hampir sepenuhnya terbuka, mesin membutuhkan out put yang maksimum. Kebutuhan bahan bakar ditentukan oleh jet needle dan needle jet tapi yang pokok adalah oleh besarnya main jet. Posisi katup gas dan sistem yang aktif 

Post a Comment for "Fungsi Karburator Motor & Cara Kerjanya"