Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Kerja Mesin 2 Tak Dan 4 Tak

A. Mesin 2-Tak (Mesin 2 Langkah)

Prinsip Kerja Mesin 2 Tak

Mesin 2 tak artinya dalam 4 siklus kerja mesin yaitu : isap, kompresi, usaha, buang diselesaikan dengan 2 langkah piston, 2 langkah piston sama dengan 1 kali putaran poros engkol (crankshaft) dan 1 kali putaran = 360 derajat. Dengan kata lain, mesin 2 tak merupakan mesin yang dapat menyelesaikan 4 siklus kerja hanya dengan 2 kali gerakan piston dalam 1 kali putaran poros engkol. Gerakan piston / seher dari TMA ke TMB disebut 1 langkah piston (stroke), 1 langkah piston sama dengan setengah putaran poros engkol dan setengah putaran = 180 derajat.

Pada mesin 2 tak tidak ada katup / klep (valve) dan juga tidak menggunakan poros bubungan (camshaft) atau noken as seperti pada mesin 4 tak, sebagai gantinya pada mesin 2 tak menggunakan membran yang diletakan setelah karburator. Mesin 2 tak lebih responsif dan memiliki akselerasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan mesin 4 tak. Mesin 2 tak dapat mengeluarkan tenaga yang besar pada saat putaran / RPM tinggi sehingga mesin 2 tak lebih boros bahan bakar.

Mesin ini juga menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin 4 tak. Selain menggunakan bahan bakar bensin, mesin ini harus diberi oli, oli tersebut harus dicampur dengan bensin dan oli ini biasa disebut dengan nama oli samping, fungsi oli samping ini untuk melumasi bagian dalam mesin. Karena oli mesin pada motor 2 tak hanya berfungsi untuk melumasi bagian transmisi saja. 

Itulah penyebab knalpot pada mesin 2 tak berasap, karena mesin 2 tak tidak hanya membakar bensin, tetapi juga membakar oli samping yang tercampur dengan bensin. Oli yang ikut terbakar dalam mesin inilah yang menghasilkan asap putih pada mesin 2 tak. Dimensi atau ukuran mesin 2 tak lebih kecil dan ringan jika dibandingkan mesin 4 tak, sehingga rasio berat terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin 2 tak lebih baik dibandingkan mesin 4 tak. 

Pison bergerak dati TMB menuju Ke TMA : di bawah torak terjadi langkah Isap (pemasukan bahan bakar dari karburator ke ruang poros engkol). Sedangkan diatas torak terjadi langkah kompresi dan langkah pembakaran

2. Langkah Usaha Dan Langkah Buang
Piston Bergerak dari TMA menuju Ke TMB : diatas torak terjadi langkah buang dan usaha, Sedangkan dibawah torak terjadi langkah pembilasan( pemasukan bahan bakar baru yang ditampung dari ruang poros engkol menuju ke ruang bakar melalui saluran bilas)

Post a Comment for "Cara Kerja Mesin 2 Tak Dan 4 Tak"